Kemajuan teknologi saat
ini benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan
kenyamanan bagi kehidupan umat manusia (Dwiningrum, 2012). Teknologi dan jaringan internet yang lancar membuat aktivitas
tidak dapat dipisahkan dengan digital. Kekuatan ini menunjukkan bahwa
digitalisasi telah memasuki pada berbagai sektor, termasuk kegiatan pelayanan
publik. Perubahan yang terjadi di era 4.0 saat ini dari konvensional beralih ke
sistem digital.
Digitalisasi memanjakan
masyarakat karena banyak proses yang dilaksanakan tanpa perlu mengantri,
menunggu hari dan jam kerja, paper less,
dapat dilakukan dimana dan kapanpun, tidak harus face to face, dan kemudahan lainnya. Lembaga Kepolisian salah satu
lembaga pemerintahan yang berupaya mengintegrasikan sistem digital melalui
perubahan pelayanan konvensional menjadi digital. Lembaga kepolisian telah
mengimplementasikan e-government
dengan menyediakan website dan berbagai aplikasi yang dapat memberikan pelayanan
kepada masyarakat. Salah satu layanan yang menjadi program unggulan adalah Pelayanan
SIM (Surat Izin Mengemudi). Namun, menurut Dwiyanto (2011) layanan SIM menjadi
bagian pelayanan yang masih dianggap buruk dari berbagai pelayanan yang
diberikan oleh lembaga kepolisian. Menanggapi permasalahan tersebut, lembaga
kepolisian terus mendorong perbaikan layanan dengan menciptakan terobosan baru
salah satunya Digital Digital Korlantas POLRI. Cukup mainkan jari, layanan membuat dan memperpanjang SIM
dapat langsung tersaji. Penasaran bagaimana layanannya? Simak penjelasan saya
dalam beberapa alinea ke depan.
Apa itu Digital Korlantas POLRI?
Aplikasi ini hadir sebagai wujud inovasi pelayanan publik dari Korlantas
Polri yang memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Jangan
khawatir, prosesnya bakal ribet. Justru pelayanan dapat diakses melalui melalui
genggaman tangan dengan menarikan jari jemari. Masyarakat juga tidak perlu
repot-repot datang ke Korlantas untuk mendapatkan pelayanan. Langkah pertama
yang dilakukan yaitu mengunduh aplikasi di Digital Korlantas POLRI di Play Store atau App Store.
Setelah sukses registrasi dan mengisi data diri, kita akan ke menu pilihan layanan
secara otomatis.
Lantas, layanan apa saja yang bisa didapat dari Digital Korlantas POLRI? Banyak! Diantaranya sebagai berikut SINAR (SIM Nasional Presisi), SIGNAL (Samsat Digital Nasional), NTMC POLRI, dan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Adapun fitur unggulan dan sudah siap digunakan adalah SINAR. SINAR merupakan pelayanan yang mempermudah masyarakat dalam pembuatan dan perpanjangan SIM secara digital. Jika pembuatan SIM, masyarakat dapat mendaftar dan melakukan ujian teori dimana saja dan kapan saja. Setelah syarat pembuatan sudah lengkap, dapat mengatur jadwal ke SATPAS untuk melakukan ujian praktik. Berbeda dengan pembuatan, perpanjangan SIM lebih mudah dilakukan karena tidak perlu mengantri dan SIM akan langsung dikirim sampai depan rumah.
Keunggulan-Keunggulan Fitur SINAR dalam Digital
Korlantas POLRI
Berbekal dari mengunduh aplikasi Digital Korlantas POLRI dan literasi
yang saya baca, selain hanya dengan tarian jari, masih banyak keunggulan yang
menjadi alasan kenapa kita harus menggunakan aplikasi ini dalam membuat dan
memperpanjang SIM.
Pertama, Mudah Diakses. Kalau ada yang mudah, kenapa harus
sulit-sulit. Tidak perlu diragukan lagi karena Digital Kolrantas POLRI dapat diakses
dari mana saja dan kapan saja. Sepanjang, sinyal kuat, tidak akan ada halangan
dalam mengakses layanan. Bagi masyarakat yang kesehariannya di depan laptop
juga dapat langsung membuka website http://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/,
maka kita akan diarahkan ke tampilan menu utama.
Kedua, Praktis dan
Cepat. Bagi masyarakat yang sedang belajar dan bekerja
seperti saya di luar kota, tidak perlu pulang ke daerah asal sesuai dengan
alamat di KTP untuk mengurus SIM.
Pengurusan secara offline
setelah mendaftar online dapat
dilakukan di lokasi terdekat yang dipilih, sehingga proses administrasi lebih
praktis dan cepat.
Ketiga, Hemat Waktu
dan Biaya. Siapa yang dulu membuat SIM harus mengantri
berjam-jam di loket pendaftaran dan pembayaran? Sekarang tidak perlu khawatir
waktu terbuang sia-sia untuk menunggu, membeli makanan, dan menunggu lagi.
Dengan adanya SINAR, kita dapat menghemat waktu dan biaya karena hanya perlu
mengakses secara digital. Selain itu, juga hemat biaya karena bebas dari praktik
percaloan yang ditemui di area SATPAS yang merangkap menjadi tukang parkir.
Biasanya untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat masyarakat yang hendak
mengurus SIM harus membayar mahal sampai tiga kali lipat, padahal tidak semahal
itu.
Keempat, Mewujudkan Polisi yang Modern dan Presisi. Digital Korlantas POLRI terobosan yang sangat penting, selain mendekatkan antara pemberi layanan dalam hal ini pihak kepolisian dengan masyarakat yang mengurus SIM, juga mendukung e-government. Manajemen pelayanan menjadi efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan meningkatkan transparansi dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Pada gilirannya akan mewujudkan POLRI yang modern, prediktif, responsibiltas, dan transparansi berkeadilan. POLRI yang modern berarti melakukan modernisasi dalam layanan publik dengan didukung teknologi sehingga dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.
Tak ada gading yang tak retak, begitu pula dengan Digital Korlantas POLRI. Ada satu catatan ringan yang perlu menjadi perhatian agar ke depannya menjadi lebih baik. Melihat ulasan di Play Store ada beberapa kendala seperti tak mendapat SMS kode OTP (one-time password) saat registrasi, verifikasi kartu identitas yang sering mengalami kegagalan, aplikasi lamban, dan ada beberapa kendala lainnya. Namun, penulis mengapresiasi untuk Korlantas POLRI yang sangat responsif membalas ulasan dari pengguna aplikasi. Harapannya ke depan Korlantas POLRI dapat memperbaiki dan menambah fitur untuk menjadikan Digital Korlantas POLRI lebih sempurna.
Oleh: Riki Purwanto
REFERENSI
Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu Sosial & Budaya Dasar.
Yogyakarta: UNY Press.
Dwiyanto, Agus. (2013). Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui
Reformasi Birokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fea. (2021). Keluhan Soal SIM Online,
Rating Aplikasi Sinar 2 Bintang. Diakses di https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210419125842-384-631673/keluhan-soal-sim-online-rating-aplikasi-sinar-2-bintang.
Pada 23 Juni 2021 (15.30)
Korlantas POLRI. (2021). Digital Korlantas
POLRI. Diakses di https://www.digitalkorlantas.id/.
Pada 21 Juni 2021 (18.00)
Komentar
Posting Komentar