Langsung ke konten utama

Mengenal Prinsip Hidup dari ITAEWON CLASS

 


Itaewon Class merupakan drama korea yang punya banyak pesan untuk disampaikan untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Meskipun sudah berakhir sekitar 6 bulan lalu, drama ini wajib di tonton untuk pemuda yang sedang terombang-ambing oleh realita kehidupan.

Menceritakan seorang pemuda bernama Park Sae Ro Yi yang memiliki cita-cita menjadi Polisi, tetapi cita-cita itu tak akan terwujud karena dirinya sudah mantan narapidana karena meninju perundung. Perundung yang mempunyai banyak uang dan kekuasaan. Cukup sedih kan, singkatnya Park Sae Ro Yi disuruh untuk berlutut kepada perudung untuk mengakui kesalahannya karena telah memukulnya, tetapi dia menolak karena perudunglah yang salah bukan dirinya.  

Park Sae Ro Yi tidak terpengaruh oleh uang dan kekuasaan dari perundung tersebut.  Ia rela dipenjara demi menjaga harga diri, kejujuran dan prinsip hidupnya. Hal ini berakibat dirinya dipenjara dan ayahnya di pecat dari perusahaan perundung. Kesedihan itu tidak cukup berhenti disitu, Ayahnya juga meninggal karena ditabrak oleh perundung.

Selama di penjara, pemuda yang di perankan oleh Park Seo Joon ini bertekad untuk membalaskan  dendam kepada keluarga perundung dengan cara membuka usaha yang dapat menyaingi JANGGA, perusahaan dari keluarga perundung.

Setelah keluar dari penjara, hidupnya penuh dengan lika-liku yang sulit dan harus survive dalam ketidakadilan. Namun, dirinya mampu dan berhasil mendirikan perusahaan berdasarkan sikap yang dimilikinya. Lantas sika papa saja yang dapat ditiru dari tokoh Park Sae Ro Yi dalam Drama Korea Itaewon Class?

Punya Prinsip

Kita sebagai manusia, harus punya prinsip hidup yang dipegang sampai mati. Tentunya prinsipnya logis dan mengarah pada kebenaran. Meskipun tidak dihargai dan diremehkan banyak orang, prinsip yang kita pegang jangan pernah dilepas.

Park Sae Ro Yi menggambarkan hal tersebut dalam Drama Korea Itaewon Class, ketika dirinya mati-matian tidak mau meminta maaf bahkan berlutut pada Jang Geun Won si perundung, bahkan mempunyai sikap tegas lebih memilih untuk dikeluarkan dari sekolah daripada harus menodai harga diri dan prinsipnya. Menurutnya, kita tidak bisa mengorbankan prinsip dan integritas walaupun hanya sekali saja.

Visi dan Rencana yang Matang

Dalam menghadapi benturan hidup, Sae Royi punya visi dan rencana yang matang. Saat keluar daripenjara dia mempunyai rencana selama 7 tahun untuk menjadi awak kapal setelah itu uangnya ditabung untuk membangun bisnisnya. Dia juga berencana mengalahkan JANGGA dengan rencana 15 tahun. Hal tersebut sesuai rencana setelah 7 tahun dia bersama orang yang dipercayainya membangun kedai bernama DanBAM. Setelah 15 tahun akhirnya bisa membangun IC (Itaewon Class).

Jika kita memiliki visi dan rencana dalam hidup, kita akan lebih tangguh dalam menghadapi cobaan hidup. Diperkuat dengan konsistensi, kesungguhan, dan niat baik. Kemungkinan besar berhasil mengatasi berbagai tantangan hidup tersebut.

 

 Mempunyai Tekad yang Kuat

Jatuh bangun yang dialami Sae Ro Yi tidak meruntuhkan tekad kuatnya meraih kesusksesan. Tidak gampang menyerah untuk mencapai tujuan, meskipun tantangan dan hadangan selalu ada menyambutnya. Dia selalu belajar, belajar, dan belajar serta mencari solusi terbaik untuk masalah yang datang menghampirinya. Mempertahankan prinsip dan integritasnya membutuhkan tekad yang kuat.

Dari pemeran utama di Itaewon Class inilah kita belajar tentang kelebihan dan kekuatan kita, apa uang membuat special dan istimewa dengan mempertahankan sekuat tenaga. Dengan demikian, akan timbul kekuatan lain untuk mengahadapi tantangan, kesulitan, dan permasalahan yang menghadang dalam hidup.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolaborasi Pentahelix untuk Mewujudkan Kota Jakarta Bebas Polusi

Rakha kembali tersenyum. Pagi itu, sebelum berangkat kerja dia mencium kening istri dan anak-anaknya. Bahagia pada raut wajahnya menandakan kesehatan diri dan keluarga masih dalam kondisi prima. Tidak heran, karena mereka menghirup kualitas udara yang bersih dan terjaga.  Bagi Rakha, kesehatan istri dan ketiga anaknya menjadi prioritas utama. Hidupnya benar-benar berubah sejak udara Jakarta menjadi bersih tanpa polusi udara.  Seperti Rakha, di pagi yang sama,  Aini sangat riang gembira. Sebagai pekerja kantoran di salah satu perusahaan telekomunikasi, dia sangat dimudahkan dengan bantuan teknologi saat berangkat kerja. Sat set sat set dengan mengendarai mobil listriknya hasil menabung selama merantau sepuluh tahun di Jakarta dia selalu sampai kantor tepat waktu tanpa terjebak macet berkat lalu lintas yang lancar dan petunjuk ponsel pintarnya.  Sebagai pecinta transportasi publik, Yeni selalu menjaga suasana hati dan penampilannya. Dia selalu dimudahkan dengan integrasi transportasi pub

QRIS Cross-Border Membuka Era Baru Pembayaran Antarnegara di ASEAN

Dari beragam kebijakan pemerintah yang diimplementasikan, tampaknya peluncuran QRIS ( Quick Response Code Indonesian Standard ) adalah salah satu yang patut diapresiasi. B agi yang belum familiar, QRIS merupakan metode pembayaran digital berbasis kode QR . Jika dilihat dari sisi digital, QRIS menjadi salah satu inisiatif untuk menyongsong ekonomi digital karena transaksi menjadi lebih efisien, cepat, dan praktis, yang sejalan dengan perkembangan teknologi digital. Saya punya pengalaman pribadi. Satu bulan yang lalu, ketika saya berlibur ke Solo, saya dan teman saya sempat bernostalgia menyempatkan minum kopi dan cemilan di kedai kopi langganan saat mengerjakan tugas kuliah. Saat masih kuliah dan pesan kopi di sana, saya harus lebih dahulu ke ATM untuk mengambil uang tunai. Kini, enam tahun berselang, segelas kopi susu bisa saya bayar menggunakan QRIS secara praktis. Lebih dari sekadar membeli kopi di Solo saja. Mulai tanggal 29 Agustus 2022 QRIS juga telah mempermudah pembelian k

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Teman yang Cocok Bagi Digital Nomad

  Cepat, tangguh, dan nyaman, ketiga hal tersebut menjadi modal utama yang dibutuhkan oleh digital nomad. Apa itu digital nomad? Digital nomad adalah seseorang yang melakukan pekerjaan di mana ruang dan waktu tidak lagi menjadi penentu. Supaya tetap produktif, tentunya dalam bekerja diperlukan teman yang didukung dengan kualitas mantap. Teman yang bisa serba cepat, tangguh, dan nyaman menemani dalam bekerja. Ya, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) atau singkatnya bisa disebut ExpertBook B3 Flip sebuah mahakarya terbaru dari ASUS sangat cocok dijadikan teman digital nomad dalam bekerja. *** Transformasi digital sudah mulai mendarah daging bagi banyak kalangan, Covid-19 mempercepat perubahan sosial dari konvensional ke digital.  Era digital memang memudahkan segala hal dan melahirkan pola sosial baru, seperti lahirnya d igital nomad yang semakin bertambah seiiring berjalannya kemajuan teknologi, mungkin Anda salah satunya? Bekerja saat ini tidak hanya dilakukan di kantor dan gedung-gedung